...

Aksi Bersih Yayasan Budha Tzu Chi dan Perangkat Desa di Pantai Ketapang Desa Sungai Cingam Upaya Bangkitkan Kesadaran Kolektif Tangani Sampah

...

Paizar, SE

Reporter

SUNGAICINGAM.DESA.ID/  Kepala Desa Sungai Cingam yang diwakili oleh Sekretaris Desa, Desa Sungai Cingam Bpk Iwan Santoso,S.Pd.I memimpin kegiatan bersih pantai bersama Yayasan Budha Tzu Chi yang di pandu oleh Bapak Apen selaku perwakilan di pulau Rupat dan ibuk Valentina selaku perwakilan dari Pekanbaru dan sekitarnya, kegiatan ini dilakukan di kawasan Pantai Ketapang, Sabtu (16/7/2022). Kegiatan ini merupakan rangkaian agenda yang tersusun di Yayasan Budha Tzu Chi.

Pelaksanaan kegiatan ini juga bukan hanya dilibatkan oleh Yayasan Budha Tzu Chi saja, Semangat sinergi dan kolaborasi ini pun bak gayung bersambut, dimana pelaksanaan kegiatan ini juga melibatkan Perangkat Desa, baik dari RT, RW, Dusun, Staf Desa Dan juga Lembaga Lainnya. Semangat kerja sama membersihkan lingkungan wilayah pantai ketapang.

"Kegiatan ini merupakan bagian upaya kita menumbuhkan kesadaran semua pihak, supaya terus membersihkan pantai kita agar bebas dari polusi plastik dan polutan lain," kata Sekretaris Desa Bpk Iwan Santoso,S.Pd.I

WhatsApp Image 2022-07-16 at 18-35-03

Penyerahan simbolis Buletin Budha Tzu Chi oleh Pimpinan Yayasan kepada Sekretaris Desa

Lebih lanjut, Seketaris Desa Iwan Santoso,S.Pd.I  menegaskan upaya penanganan sampah seperti ini tidak hanya parsial dan dilakukan saat ini saja. Harapannya terus-menerus dilakukan sehingga menjadi sebuah gerakan nasional.

"Nah, itu salah satunya kami melakukan penargetan Desa menjadi salah satu lokasi untuk memberikan penyadartahuan kepada masyarakat agar selain kita mengurangi, juga mengelola sampah dengan baik," ungkap Bapak Apen Selaku perwakilan dari Pulau Rupat Yayasan Budha Tzu Chi.

Yayasan Budha Suci, Valentina selaku PIC mengatakan, kegiatan ini akan dilakukan berkelanjutan, dan serupa rutin dilakukan kelompoknya peragenda. Dan kami berharap bisa melakukannya kembali di Pantai Ketapang, kegiatan bebersih pantai dapat dilaksanakan berkelanjutan. Di sisi lain anggota siap mendukung semua upaya pelestarian lingkungan pantai ungkapnya.

sekretaris desa juga mengharapkan kegiatan ini juga harus disadari seluruh masyarakat terutama pengunjung di pantai ketapang agar bisa menjaga lingkungan sekitar, sehingga lingkungan pantai bersih dan sehat, Sekdes juga mengucapkan terimakasih kepada Yayasan Budha Tzu Chi yang telah berpatisipasi melakukan kegiatan Didesa Sungai Cingam Tepatnya Pantai Ketapang, Dengan adanya kegiatan ini semoga keharmonisan silaturahmi selalu terjaga.

...

Paizar, SE

Editor

...

Zulfikar, A.Md.T

Fotografer

Tulis Komentar